Gambar:Ilustrasi Tangga Stadion

Skotlandia, Tendanganpojok.com – Sebuah tragedi di stadion adalah hal mengerikan, namun sangat mungkin untuk terjadi. Contohnya adalah tragedi Hillsborough dan Valley Parade yang mengakibatkan banyak nyawa melayang. Tragedi yang menyisakan kenangan buruk bagi yang mengalami kejadian tersebut. Pada 2 Januari 1971, tragedi di stadion itu kembali terjadi di Skotlandia.

Kali ini lokasi tragedi tersebut berada di Stadion Ibrox, kandang dari Glasgow Rangers. Ketika itu tangga di Stadion Ibrox runtuh, mengakibatkan 66 orang meninggal dunia dan 200 orang luka-luka. Tragedi ini merupakan tragedi stadion terparah yang pernah terjadi di Skotlandia, sekaligus tragedi stadion terparah kedua di Britania Raya setelah tragedi Hillsborough yang menewaskan 96 orang pada April 1989.

Runtuhnya tangga stadion ini terjadi ketika laga Old Firm Derby yang mempertemukan antara Celtic dan Rangers. Kejadiannya terjadi tepat ketika pertandingan akan usai, karena memang drama dalam pertandingan yang dilangsungkan pada 2 Januari 1971 terjadi pada menit-menit akhir.

Semua bermula ketika pada menit ke-89, ketika penyerang Glasgow Celtic, Jimmy Johnstone mampu membawa Celtic unggul terlebih dahulu. Skor 0-1 di menit akhir ini membuat para pendukung Rangers yang memadati Ibrox memutuskan untuk pulang. Namun, di luar dugaan, tepat sebelum pertandingan berakhir, Rangers mampu menyamakan kedudukan lewat sepakan Colin Stein. Hal ini membuat Stadion Ibrox bergemuruh, sekaligus menjadi awal dari tragedi yang takkan terlupakan.

Akibat Stadion Ibrox yang ketika itu penuh sesak, tangga di stadion pun roboh. Sebanyak 66 orang meninggal dunia, dan 200 orang mengalami luka-luka. Kejadian buruk di Ibrox ini seakan mengulang apa yang pernah terjadi pada 1902, ketika tribun West Stand di Ibrox runtuh dalam pertandingan persahabatan yang mempertemukan Inggris dan Skotlandia. Ketika itu 25 orang meninggal dunia dan 517 orang mengalami luka-luka.

Seusai pertandingan, banyak spekulasi bermunculan perihal runtuhnya tangga di Stadion Ibrox ini. Rumor menyebut bahwa tangga di Ibrox runtuh karena para suporter yang awalnya akan pulang kembali lagi. Namun hasil penyelidikan pihak keamanan menyebut bahwa penyebab runtuhnya tangga di Ibrox ini akibat membludaknya para suporter yang akan keluar saat pertandingan selesai.

Pada 2001, manajemen Rangers memberikan sebuah penghormatan bagi para korban tragedi Ibrox tersebut. Penghormatan ini bersamaan dengan peresmian patung John Greig, yang menjadi kapten Rangers dalam pertandingan 2 Januari 1971 tersebut. Skotlandia pun berduka atas kejadian yang terjadi pada Januari 1971 ini.

Sumber: panditfootbal.com