Twitter/@Luismillacoach

JAKARTA – Kisruh tertunggaknya gaji pelatih Timnas Indonesia asal Spanyol, Luis Milla Aspas, terus menyita perhatian publik di Tanah Air. Sejumlah asumsi pun bermunculan terkait kejelasan dari permasalahan tersebut.

Saat ini, Milla masih berada di Spanyol dan belum memberikan jawaban meski PSSI sudah memutuskan memperpanjang kontrak eks pelatih Timnas Spanyol U-21 tersebut.

Menanggapi hal ini, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Sekretaris Kemenpora (Sesmenpora), Gatot Dewa Broto memberikan pandangannya selaku perwakilan pemerintah.

“Sejauh ini kami belum clear, apakah PSSI belum membayar Luis Milla. Yang dikhawatirkan itu terjadinya maladministrasi para pihak terkait yang tak menutup kemungkinan akan menjadi persengketaan yang misalnya salah satu pihak bisa melaporkan ke FIFA. Itu karena menyangkut reputasi di Indonesia,” ucap Gatot kepada VIVA, Jumat 14 September 2018.

“Kalau [masalah] pelatih sekelas Milla itu harusnya jangan sampai ini terjadi lah oleh PSSI. Tapi, kami sejauh ini belum tahu kepastiannya, karena memang kami belum pernah tanya, dan besok saya akan komunikasi dengan PSSI untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi,” katanya.

Situasi ini juga membawa Sesmenpora khawatir dan membandingkan dengan apa yang harus dialami oleh klub-klub yang sempat menunggak gaji para pemainnya.

“Beberapa kejadian kan dulu sering itu. Ada pemain asing terlambat gajinya terus dilaporkan ke FIFA. Dan kemudian, klub yang terkait didenda. Itu baru klub ya bukan induknya, ini harus segera diselesaikan,” ujar Gatot melanjutkan.

“Jangan sampai alasan keterlambatan pembayaran itu nanti menjadi alasan PSSI punya hubungan tidak baik dengan Milla dan mencari celah mencari pelatih yang lain,” katanya.

Muhammad Devara Pratama