tendanganpojok.com – CEO Arsenal, Ivan Gazidis, mengenalkan Unai Emery sebagai suksesor Arsene Wenger pada Rabu (5/5) kemarin. Emery menandatangani kontrak berdurasi tiga musim sebagai Pelatih Kepala Arsenal.

Siapa Unai Emery?

Unai Emery adalah manajer berkebangsaan Spanyol. Ia lahir pada 3 November 1971. Sebelum berkarier di dunia kepelatihan, Emery juga merupakan pesepakbola profesional.

Kesebelasan yang ditangani Emery umumnya merupakan kesebelasan yang sudah dikenal seperti Almeria, Valencia, Spartak Moscow, Sevilla, hingga Paris Saint-Germain. Namanya melambung ketika ia memberikan tiga trofi Europa League beruntun untuk Sevilla pada periode 2013-2016.

Emery telah menangani 719 pertandingan dalam 13 tahun karier manajerialnya. Jumlah ini jauh lebih banyak ketimbang pesaing lainnya untuk kursi manajer Arsenal, Mikel Arteta.

Berapa Jumlah Trofi yang Diraih Emery?

Ia meraih 10 trofi dengan rincian tiga trofi Europa League, satu gelar Ligue 1 bersama PSG, dua trofi Coupe de France, dua trofi Coupe de la Ligue, dan dua trofi Trophee des Champions. Yang lebih hebat, ia meraihnya di usia yang masih terbilang muda: 46 tahun!
Pernahkan Emery Gagal?
Emery terbilang gagal saat menangani Spartak Moscow. Ia hanya menangani 26 pertandingan dengan kekalahan 11 kali dan menang hanya 12 kali. Di Moscow, ia hanya bertahan selama enam bulan.

Di PSG sejatinya Emery tak bisa dibilang gagal. Namun, kekalahan 1-6 di leg kedua Liga Champions membuat nama Emery tercoreng. Pasalnya, mereka sudah menang 4-0 di leg pertama.

Mengapa Emery Cocok untuk Arsenal?

Semasa ditangani Emery, Sevilla relatif stabil di papan atas La Liga. Di musim 2012/2013 Sevilla dibawa ke peringkat kesembilan. Mereka bahkan berhak mewakili Spanyol di Europa League karena Malaga dan Rayo Vallecano tidak berhak lolos. Musim 2013/2014, Sevilla di peringkat kelima, pun dengan musim 2014/2015.

Salah satu yang menarik adalah kala Emery menangani Valencia selama empat tahun. Meskipun memiliki keterbatasan finansial, Emery mampu membawa Valencia ke peringkat keenam, ketiga, ketiga, dan ketiga. Padahal di musim ketiganya, Valencia menjual David Villa dan David Silva.

Di Arsenal, Emery jelas tak akan kelewat dibatasi. Apalagi rencananya Arsenal akan menyiapkan dana 50 juta paun untuk transfer pemain.

Mengapa Kontraknya Tiga Musim?

Menurut Ivan Gazidis, salah satu alasannya karena kesuksesan tidak bisa didapatkan secara instan.

“Saya pikir kami mesti mengerti bahwa kesuksesan tidak bisa instan. Jadi, mesti melalui proses. Hari demi hari, Anda berusaha lebih baik sedikit demi sedikit. Itu yang mesti kita lakukan. Kita mesti bekerja keras dan bekerja dengan baik bersama-sama.”

Bagaimana Emery bisa terpilih?

Awalnya Gazidis membentuk tiga formatus yang terdiri atas dirinya, Sven Mislintat, dan Raul Sanllehi. Mereka punya tiga kriteria: (1) agresif, dalam artian punya sepakbola yang menghibur. (2) Punya kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai Arsenal. (3) Punya catatan mengembangkan pemain lewat instruksi taktik yang detail. (Ade Darmansyah)